Saturday, May 23, 2009

kontroversi OUTSOURCING


beberapa hari yang lalu *gw lupa kapan tpatnya*,,kantor gw kdatengan LP baru.
buat yang bingung apa itu LP,,artiannya sama aja kya security.
gw kerja didunia retail,,dimana LP jg merupakan part of our Department.
naaahhh,,berhubung smakin tahun persaingan smakin ketat dan kompetitor2 juga mulay pada mengembangkan sayapnya,,otomatis sales yang qta dapat pun jadi berkurang.
hal yang juga terjadi di Bisnis Unit gw.
karna sales berkurang,,qta jadi musti mikirin segala macem cara untuk dapetin yang namanya bonus. yeups,,BONUS!!
gampang???
jelas enggak lah!!

mulai dari suruhan2 yang aneh bin ajaib dr si bos.
such as : staff gw yang disuruh pegang dua department&lintas divisi, klo pagi di RTE klo siang jadi kasir (sampe mabok kyanya dia. kasiaann. hhe)
sampe ke akhirnya memutuskan utk mmakai outsourcing.

knp pake outsourcing??
yap!! karna biaya yang qta kluarkan jauuuhhhh lbh murah.
qta gag perlu bayar THR klo lagi Lebaran dkk.
gag perlu ngluarin duit buat bliin seragam mereka.
klo lembur jg ga diitung per jam dan gag based on Gaji Pokok mereka.
trusss klo qta gag comfort ma mereka,,bs dgn gampang qta minta ganti orang.

nahhh,,karna pertimbangan2 itu tadi,,makanya SGM gw akhirnya memutuskan pake outsourcing untuk Dept. LP ditoko gw. dan LP yang lama ditransfer ke department lain yang 'kata'nya lebih membutuhkan.
sayangnya,,pilihan ini masih menimbulkan kontroversi di toko gw.
karna belum adanya sosialisasi mengenai si 'anak2 baru' ini skaligus peraturan2 barunya.

di hari kedua mereka masuk (hari pertama mrk bner2 mulai bertugas) ada miskomunikasi yang mnrt gw sih lumayan parah. cek body yang seharusnya dilakukan pada saat karyawan keluar dr toko ternyata diterapkan juga waktu si karyawan mau masuk kdalam toko.
kjadian ini bikin antrian yang cukup panjang di area pintu karyawan&bikin bbrp karyawan teriak2 karna telat masuk. untungnya ADH (ast. Department Head) dari LP yang notabene masih orang lama bukan outsourcing lewat di pintu karyawan dan ngeliat antrian yang aneh ituh,,setelah dia ngasih tau ke si LP baru bahwa cek body hanya dilakukan pada saat KELUAR dr toko,,baru deh antriannya pada bubar. walaupun gw rasa karyawan2nya dah pada mangkel krn kpanasan&akhirnya telat absen. gw gag ngalamin hal ini sih. tp mlmnya ada SPG dr divisi gw yang SMS gw. dia protes soal si LP baru yang katanya me-label HP dan dompetnya,,sementara mnrt dia 2 barang itu adalah barang pribadi yang seharusnya ga boleh dbuka2 sama org lain.

gw bukan tipe orang yang langsung percaya bgtu aja sama omongan orang,,walaupun org itu pacar gw skalipun. urusan cek ricek itu dah mrpkn hal yang WAJIB *menurut gw loohh* jadi setidaknya qta bisa tau lebih detail lagi mengenai suatu permasalahan. begitu besoknya diomongin,,tnyata malah ada brita yang lebih mngejutkan lagiii. saputangannya bu Ratri pun musti di label! padahal mnrt si Ibu,,sapu tangannya itu dah bekas ingus gtuh. yaiks!! XD

hari ini,,akhirnya gw mnyaksikan sendiri kontroversi yang ada. tnyta emang lumayan parah! sptnya dah kcipta gap aja gtuh antara si anak baru dengan si org lama.
sbnrnya gw mnyaksikannya scr gag sengaja.
setelah muter otak di office mikirin gmn model untuk cari GP dengan cara praktis dan mmudahkan gw *yang akhirnya tetep blm kelar smpe skrg!hhe*,,gw turun ke area.
tapiiii bgtu sampe di anak tangga yang paling bawah,,gw denger ada ribut2. BRISIK!!
pnasaran. gw ngelongok bntar ke arah pintu karyawan. u know wutt i found?? LP brantem ma SPG. awalnya gw pengen nerusin tujuan gw buat ngecek area. apalagi dtempat itu dah lumayan rame. ada bbrp SPG plus 2 LP. tapi ko sptnya adu mulutnya makin rame dan riweuh yaa?? akhirnya gw belok bentar ke arah pintu karyawan.

mereka berdua dan saling tunjuk menunjuk dan maki2an.
pusing sebenernya gw.
ga pengen ikut campur.
tapi gw kaget karna si LP *jenis kelaminnya cowo* bilang gini : "untung lo cewe. klo cowo dah gw gamparin lo!!"
waw!! gw juga cewe loh,,maasss!! hati2 ajaa. jangan bbicara spt itu ddpan gw.
ditambah lagi abis itu dia ngomong hal yang mnrt gw gag pantes buat dia ucapin ke seorang cewe! smpt pengen ikutan panas. tapi jangan sampe gw kebawa emosi. coba buat tenang.
trus gw suruh SPG2nya masuk. biar mrk pada tenang juga. gw samperin LPnya. trs gw omongin baik2. gw bilang apa yang udah tlontar dari omongannya dia itu sama skali gag pantes untuk diucapin oleh seorang LP. jadi LP emang musti tegas. tapi dia harus tau aturan2 mainnya. gw bisa ngomong gini karna gw emang juga pernah dapet materi soal LP waktu masih OJT dulu,,malah langsung dr GM LP head office. Beliau bilang,,qta musti paham kondisi seseorang. walaupun LP dtuntut untuk tegas tapi ada caranya dan tegas spt apa yang harus dlakukan. gw pun bilang sama si LP baru,,klo dia emang harus sabar jadi LP. tkadang emang apa yang qta omongin suka ditanggepin lain oleh org lain. mungkin karna cara qta yang salah atau juga mungkin penekanan2 pada kalimat ttentu yang qta ucapin jg salah atu bahkan karna bahasa tubuh qta yang salah. itu wajar. yang gag wajar adalah apa yang dia omongin. jangankan dia yang jabatannya masih staff,,outsourcing pula,,ROM *Regional Operation Manager* aja ada juga yang pnah ddemo karna ngomong hal2 yang sbnrnya mungkin untuk bbrp org sepele (mony*t atau anj*ng jg sbnrnya biasa kan qta ucapin klo lg kesel ma org or sswatu??) tapi gag semua orang punya tingkat toleransi yang sama. apalagi klo orang tersebut jg dalam kondisi yang lg gag fit dlm sgala hal. mis lagi 'dapet' untuk yang cewe,,wuuiiihhh syapa sih diantara qta cewe2 yang ga knal ma yang namanya PMS?? atau lagi dlm kondisi yang capeeeeee bgtbgtbgt. cape hati, cape pikiran juga. rasanya mungkin pgn nerkam org yang kyanya bikin naik darah. hhe.

yang jelas,,gw berharap banget kejadian ini bisa jadi plajaran buat mereka,,baik si LP maupun si SPG. si LP bisa bersikap sopan sedikit,,si SPG pun juga musti ngehargain si LP karna emang tugas si LP untuk berlaku tegas sama siapapun juga. mudah2an juga mereka skrg lebih bisa ngontrol emosi mereka. jadi jangan sampe ada 'sinetron' gratisan di pintu karyawan lagi. ;p

0 comments: