Saturday, March 20, 2010

Heiiyy,, you guys!!

Ada tantangan bagus nih buat kawula muda Indonesia, esp buat yang tinggal di daerah perkotaan.
Silahkan dibaca dan disimak baik-baik yaa..
Hadiahnya amat sangat menggiurkan lohh.. *ting!



Program Climate-Smart Leaders (CSL) adalah program yang ditujukan bagi generasi muda dengan usia 15 – 24 tahun yang memiliki aktivitas tinggi di daerah perkotaan. Program ini bertujuan tidak hanya untuk membangun kesadaran tentang pentingnya peran generasi muda untuk menjawab tantangan perubahan iklim namun juga memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk terlibat langsung dan melakukan aksi nyata untuk menerapkan gaya hidup hijau (green lifestyle) sebagai salah satu strategi mitigasi dan adaptasi terhadap dampak negatif perubahan iklim.


Target Group :

generasi muda dengan usia 15 – 24 tahun yang memiliki aktivitas tinggi di daerah perkotaan.

Tujuan :

Gaya Hidup Hijau

Membangun kesadaran dikalangan anak muda (usia 15-24 tahun) terkait perubahan iklim (awareness)
Mendorong terbentuknya inisiatif gaya hidup hijau (climate-smart lifestyle) di kalangan anak muda untuk menangani dampak negatif perubahan iklim
Menyebarluaskan inisiatif yang ada dikalangan anak muda perkotaan kepada khalayak luas tentang pentingnya menerapkan model gaya hidup hijau (reach out)
Mendorong generasi muda perkotaan memimpin tindakan gaya hidup hijau (take the lead by action)

Tema :

Peserta program CSL dapat mengajukan proposal dengan memilih tema sebagai berikut (tiap peserta dapat mengusulkan max 2 project):

Youth & Water and Energy
Youth & Biodiversity
Youth & Green Business
Youth & Media


Youth, Water and Energy

Project yang diusulkan perlu menunjukkan pemanfaatan energi minimal dengan manfaat terbesar, atau pemanfaatan sumber alam yg diabaikan menjadi sumber energi dan air yang baru/terbarukan.

Contoh:
  1. menghasilkan alat transportasi atau sistim transportasi yang rendah konsumsi energinya, atau memanfaatkan energi terbarukan
  2. memanfaatkan sungai, sepeda, dan sebagainya atau melakukan kegiatan tertentu yang menjadi sumber energi baru
  3. menghasilkan alat penghemat pemakaian energi dan air
Contoh project dapat dilihat di website:
http://www.envirofit.org
http://www.selco-india.com/


Youth & Biodiversity

Project dapat menunjukkan upaya penyelamatan keanakeragaman hayati Indonesia akibat perubahan iklim seperti kenaikan suhu, naiknya air laut, kurangnya pasokan air, kekeringan, hama dan sebagainya. Juga dapat berupa gagasan pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia karena tingginya gas CO2, munculnya predator hama lokal, dan sebagainya.

Contoh:
  1. penyelamatan dari ikan lokal yang selalu menjadi pangan utama daerah tertentu,
  2. gagasan untuk mencegah coral bleaching agar melindungi berbagai jenis terumbu karang,
  3. menghasilkan jenis tanaman lokal tahan kekeringan dsbnya.
Contoh project terkait tema dapat dilihat di website:
http://www.smartgear.org


Youth & Green Business

Project harus dapat menunjukkan bahwa produk atau service yang ditawarkan dapat menunjukkan ecological footprints yang rendah, pengurangan sampah, atau pemanfaatan bahan limbah.

Contoh:
  1. ecological footprints berkurang: bisnis dengan mengurangi pemakaian sumber daya alam (baik inputs bahan, penggunaan air, energi, biaya transport dan lain-lain)
  2. memberi nilai tambah: memanfaatkan barang bekas atau "sampah" (recycled product), mendayagunakan sisa tanaman jadi bermanfaat (misalnya dari sisa pabrik kain atau garment menjadi pembungkus laptop, tempat pensil, berbagai asesori/kain quilt, pemanfaatan kulit nenas menjadi home accessories, furniture dan lain-lain)
  3. product yang mengurangi sampah (seperti popok bayi yang dapat digunakan berulang), memakai tas kain/plastik tahan lama untuk berbelanja,
  4. jasa eko-turisme dengan pengurangan energi pada biaya transport, akomodasi, dan penggunaan air effisien, serta reduksi sampah (memanfaatkan botol air, tempat makan dan bukan kardus dan plastik pembungkus makanan)

Contoh project terkait tema dapat dilihat di website:
http://www.dyrtdesign.com
http://www.greeneration.org


Youth & Media

Project yang diusulkan menunjukkan pemanfaatan berbagai media guna menjangkau sebanyak mungkin target audience, dengan biaya dan pemakaian sumber alam yang minimum. semakin jauh jangkauannya dan semakin hemat biaya dan pemakaian sumber alam (efficiency), dengan pesan yg mudah dimengerti (effectiveness), terkait perubahan iklim dan gaya hidup ramah lingkungan yang informatif (resourceful), maka semakin tinggi nilai project yang diusulkan.

contoh:
  1. pemanfaatan radio kampus, radio komunitas, rapat reguler dari karang taruna/mesjid/gereja dsbnya, untuk penyebarluasan pengetahuan mengenai perubahan iklim, dengan pesan dan cara yang mudah ditangkap dan informativ.
  2. pemanfaatan jaringan internet/information technology agar dapat menjangkau seluas mungkin dukungan target group (build the network) dengan pesan yang dapat dimengerti (effective) dengan mudah serta informatif (resourceful).



Apa yang dapat dilakukan untuk bergabung dengan CSL ?

Be Creative!
Kirimkan proposal proyek (dapat berupa ide kreatif/produk/teknologi/mass media use, inisiatif lainnya) terkait dengan upaya mitigasi atau adaptasi perubahan iklim dengan menerapkan gaya hidup hijau atau ramah lingkungan (climate-smart lifestyle).

Be Active!
24 orang peserta yang lulus seleksi dengan proyek terbaik akan bergabung dalam CSL Camp, yaitu workshop yang di disain bagi anak muda untuk belajar lebih banyak tentang Kepemimpinan, Pembangunan Berkelanjutan, Perubahan Iklim dan Pengelolaan Proyek dengan cara yang menarik, edukatif, interaktif, menantang, dan membuat peserta berfikir “out of the box”!

Do it!
Setelah mengikuti CSL Camp, peserta memiliki waktu 3 bulan untuk merealisasikan/memperkuat proyek mereka. Tim CSL akan melakukan monitoring proyek sekaligus melakukan penilaian atas proyek yang sedang berlangsung.

Inspire others!
Setelah melalui proses penilaian, mereka dengan proyek terbaik akan memperoleh penghargaan Climate-Smart Leaders Award berupa dukungan dana. Penghargaan akan diberikan dengan kriteria penilaian berdasarkan proyek yang memiliki inisiatif terbaik (Most Innovative & Inspiring Climate-Smart Project), dampak paling berarti (Most Impact Made or Made Possible by Climate-Smart Project), dan diseminasi terluas (The Best Reach-Out Climate-Smart Project).


Download Application Form
Silahkan mendownload formulir pendaftaran di www.climatesmartleaders.net


Batas waktu pengiriman formulir adalah 30 April 2010 (cap pos)



KRITERIA PESERTA:

  1. Warga negara Indonesia (WNI) berusia 15 – 24 tahun
  2. Memiliki dorongan kuat untuk mewujudkan project/ide tersebut baik secara perorangan maupun sebagai kelompok
  3. Mewakili anak muda yang memiliki aktivitas di perkotaan
  4. Memiliki project (dapat berupa produk/ide kreatif) yang mendorong penerapan teknologi dan gaya hidup hijau di perkotaan terkait perubahan iklim untuk pembangunan berkelanjutan
  5. Bersedia secara aktif memimpin dan menyebarluaskan gagasan
  6. Bersedia untuk mengikuti keseluruhan sesi kegiatan CSL
  7. Peserta dalam bentuk kelompok sangat dianjurkan mewakili lembaga dengan struktur project yang jelas

KRITERIA PROJECT:

  1. Project belum pernah diikutsertakan dalam program sejenis
  2. Project terkait perubahan dapat diterapkan (workable), iklim dengan bobot dampak positif (impacts), dapat direplikasi lebih luas (replication), dan dapat dilanjutkan setelah program CSL berakhir (sustainability)
  3. Project harus menunjukan tahapan pencapaian yang jelas dan tahapan awal kemajuan project harus dapat dicapai dalam kurun waktu 3 bulan (Agustus – Oktober 2010)
  4. Project didukung oleh sumber daya alam seminimal mungkin dan biaya yang rasional
  5. Meskipun ditujukan pada kelompok muda dengan aktivitas utama di perkotaan, implementasi project yang diajukan tidak terbatas pada lingkungan perkotaan
  6. Project memilih satu atau lebih tema berikut :
Youth & Biodiversity
Youth & Water – Energy

Youth & Green Business

Youth & Media




Proposal yang menunjukan inovasi teknologi akan mendapatkan nilai tambah.
Pemenang dengan inovasi teknologi akan direkomendasikan mengikuti kesempatan pendanaan project dari Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia melalui Program RAMP Indonesia.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi website www.inotek.or.id


HADIAH PEMENANG

  • Hadiah pemenang berupa seed funding dan akan diberikan kepada peserta dengan project terbaik melalui beberapa tahap
  • Hadiah akan diberikan setelah peserta menyertakan laporan kegiatan
  • Peserta Program CSL yang tertarik untuk mengembangkan proyeknya (yang berbasis inovasi teknologi) lebih lanjut dianjurkan setelah mengikuti Program CSL untuk mendaftarkan proyeknya pada program RAMP yang dikembangkan oleh Yayasan Inovasi Teknologi*.




CSL Award:

Kategori usia 19-24 tahun
Juara I: seed fund sebesar Rp.15 juta
Juara II: seed fund sebesar Rp.10 juta
Juara III: seed fund sebesar Rp.7,5 juta
Finalis: seed fund sebesar Rp.4 juta

Kategori usia 15-18 tahun
Juara I: seed fund sebesar Rp.10 juta
Juara II: seed fund sebesar Rp.7,5 juta
Juara III: seed fund sebesar Rp.5 juta
Finalis: seed fund sebesar Rp.2,5 juta



..Slamat Berkompetisi, Adik-adik!!..
Mari Lakukan Yang Terbaik Untuk Bumi Kita

1 comments:

teddy said...

sayang banget chein..umurku baru 14thn.. :(